Jemaah Haji Lansia Hilang dari Rombongan, Kemenag Sumenep Evaluasi Pengawasan

News, Headline476 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Setelah sempat viral beredar video salah satu jemaah haji lepas dari rombongan, Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep mengaku bahwa  insiden tersebut  memang lumrah terjadi setiap tahunnya. Sehingga ketua regu diminta agar terus mengontrol anggotanya. 

Insiden terbaru ini sebagaimana dalam video berdurasi sekitar 30 detik itu, seorang jemaah sekitar usia 60 tahun ini lebih ini ingin pulang ke daerah asalnya, yakni Kecamatan Manding. Kesimpulan pertama ialah karena usia sepuh mengakibatkan ingatannya terganggu. 

Banner Iklan Stop Rokok Ilegal

Kepala Kemenag Sumenep Chaironi Hidayat menyampaikan, soal jemaah haji yang kesasar di Mekah itu sempat lepas dari rombongan, sehingga jemaah haji atas nama Bunidin itu mengira pulang dari masjid di kampungnya. 

Baca Juga:  Seremonial Pelepasan 1.200 Calon Jemaah Haji, Begini Sambutan Bupati Pamekasan 

“Ya sekitar pukul 12 malam lebih itu jemaah ditemukan oleh pendamping haji, karena langsung dicari,” katanya, Senin (29/5/2023). 

Terhadap kejadian viral tersebut, pihaknya bakal terus meningkatkan pendampingan terhadap jemaah, terutama yang sudah sepuh. Sebab tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang pengawasannya bisa dilakukan oleh sesama jemaahnya.

Artinya, pada tahun sebelumnya, bisa didampingi didampingi keluarga. Sementara di tahun ini, jika beda kursi sudah tidak bisa berkumpul. Sehingga dia meminta agar semua pendamping harus ekstra mengontrol jemaahnya. 

“Harapannya kejadian itu tidak terjadi lagi, kami juga meminta para ketua regu, harus bertanggung jawab terhadap 40 jemaahnya,” tegasnya. 

Baca Juga:  Kebijakan Pusat Pengaruhi APBD-P Pamekasan

Dia juga berharap, para jemaah harus terus mengontrol untuk tetap menjaga kesehatannya, apalagi kondisi cuaca di Mekah dan Madinah jauh berbeda dengan di Indonesia. 

“Kami memang sejak awal selalu mewanti-wanti agar selalu saling menjaga satu sama lain,” pungkasnya. 

Pewarta: Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *