UMK-FT Soket UTM Tingkatkan Kreativitas Pelajar dengan Lomba Robotika se-Madura

Pendidikan39 Dilihat

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Teknik Studi Otomasi dan Kendali Trunojoyo (Soket), Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar lomba penguasaan teknologi bidang robotika tingkat SMA/SMK se-Madura. 

Ketua UKM-FT Soket UTM Wildan Alim mengungkapkan bahwa kegiatan yang bertajuk Karapan Robot Madura (Karbora) bertujuan untuk mendorong pelajar untuk memiliki minat di bidang robotika. 

“Lomba ini, juga menjadi wadah dalam pengaplikasian bakat pelajar di Madura yang memiliki bakat teknologi robotika. Melalui lomba, juga bisa menambah bekal dan pengalaman,” ungkapnya melalui pesan whatsapp, Minggu (20/11/2022).

Menurut Wildan, Karbora sebetulnya merupakan ajang tahunan. Diselenggarakan secara paralel sejak tahun 2012 lalu. Namun, kegiatan tersebut dalam dua tahun terakhir tidak bisa digelar. Sebab, adanya pandemi Covid-19 yang membuat tidak bisa terselenggara.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Cakra UTM tersebut, mengangkat tema Improving Millennial Education and Transformation for Better Implementation of Creativity, Skill and Knowledge in Future Technology Development.

Baca Juga :  Kemenag Sumenep Bantah Informasi Cairnya TPG Guru Nonsertifikasi

“Tujuan utama kami, dapat meningkatkan pendidikan dan transformasi millenial untuk
implementasi kreativitas, keterampilan serta pengetahuan yang lebih baik dalam
pengembangan teknologi di masa depan,” imbuh Wildan.

Tak hanya itu, lomba Karbora diharapkan bisa memotivasi pecinta robotika. Sehingga, kreativitas yang dilakukan tidak hanya sebatas itu-itu saja. Melainkan dapat meningkatkan kemampuan, supaya bisa memiliki daya saing di tingkat nasional.

Kata Wildan, ada kriteria khusus dalam Karbora. Yakni yang diperlombakan, merupakan robot jenis mobil dengan penggerak roda. Selain itu, robot mobil itu memiliki fungsi memadamkan api (lilin) dan menyelamatkan miniatur korban kebakaran.

“Sebelum acara kompetisi, diadakan workshop mengenai robot yang digunakan dalam Karbora. Workshop itu berisi tentang pengenalan komponen elektronika, Mekanik, dan Pemrograman yang ada pada robot khusus Karbora,” pungkasnya.

 

Reporter: Fathurrohman

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *