Kadisdikbud Pamekasan Bertekad Tingkatkan Akreditasi Sekolah

Pendidikan6 Dilihat

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan terus memacu semangat dalam peningkatan akreditasi sekolah untuk mendapatkan predikat A. Karenanya, dilakukan pendampingan kepada kepala sekolah (kasek) melalui berbagai pelatihan.

Menurut Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, pendidikan merupakan salah satu dari lima program prioritas yang diinginkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam. Salah satu yang diseriusi untuk dicapai adalah akreditasi pada jenjang pendidikan sekolah dasar.

“Sekarang akreditasi dari 472 sekolah dasar mayoritas B, kalau negeri sudah tuntas semuanya B, ada yang nilainya C dua sekolah, itu pun sekolah dasar swasta,” paparnya, Rabu (7/12/2022).

Untuk mengejar target tesebut, terus dilakukan pendampingan kasek dan pengelola sekolah. Bahkan mendatangkan asesor langsung  untuk memberikan pelatihan, agar memacu kerja tim di setiap sekolah untuk meningkatkan nilai akreditasinya.

“Kami targetkan dengan adanya pendampingan dan pelatihan bisa mencapai nilai akreditasi A, karena itu merupakan target kami,” ujarnya.

Baca Juga :  Mas Tamam Dukung Penuh PSDKU Polinema Pamekasan Tingkatkan Kualitas SDM

Kepala Bidang (Kabid)  Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Pamekasan Fatimatuz Zahra menambahkan, pada tahun 2022 terdapat empat SD negeri yang diakreditasi, yakni; SDN Laden, SDN Kangenan 1, SDN Kowel 3 dan SDN Kolpajung.

“Jadi kami dampingi untuk kemudian memahami berbagai macam dokumen yang harus di-upload di aplikasi Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena-S/M) yang dibuat oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN S/M),” urainya.

Diakuinya, dalam proses akreditasi diperlukan 8 standar yang perlu dipenuhi, di antaranya; pelaksanaan dan pengembangan kurikulum, standar proses yang berkaitan dengan proses pelaksanaan pembelajaran, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana,  standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan dan standar penilaian pendidikan serta lainnya.

“Jadi nanti asesor akan mengecek kelengkapan dokumen dan fakta di lapangan, kami optimis akreditasi ini terus bisa ditingkatkan,” urainya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Baca Juga :  Disdik Sampang Sebut Penerapan Pakaian Adat Butuh Perbup

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *