Hari Terakhir, Tiga Parpol Masih Jalani Verfak Perbaikan

Pemilu4 Dilihat

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep telah menjalankan tugasnya dalam melakukan verifikasi faktual (verfak) perbaikan persyaratan kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) tingkat kabupaten sejak 24 November hingga 7 Desenber 2022.

Ketua KPU Sumenep M. Rahbini melalui Komisioner Bagian Teknik Penyelenggara, Deki Prasetia Utama, mengatakan bahwa hingga hari terakhir, terdapat tiga parpol yang belum memenuhi persyaratan (BMS), sehingga dilakukan verfak.

Ketiga parpol itu adalah Partai Garuda, PBB dan Partai Buruh. Untuk Partai Garuda adalah verfak kepengurusan dan keanggotaan. Sedangkan PBB dan Partai Buruh hanya verfak keanggotaan.

“Verfak dilakukan karena tidak dapat ditemui ketika tim KPU Sumenep turun ke rumah-rumah,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Mengenai data BMS, nanti menjadi ranah KPU RI yang dapat menyampaikan, KPU Sumenep hanya menjalankan tugas. Untuk selanjutnya, hasilnya akan dilaporkan ke KPU Jawa Timur.

Terdapat 9 parpol nonparlemen yang dilakukan verfak hasil perbaikan. Parpol itu adalah PSI, Hanura, Perindo, PBB, Partai Umat, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nusantara, dan Partai Gelora.

Baca Juga :  Minimnya Keterwakilan Perempuan Diakui akibat Rendahnya SDM  

Untuk sampel keanggotaan parpol yang diturunkan melalui SIPOL, setelah diverifikasi, ternyata banyak yang tidak ditemukan alamat, pindah alamat, belum punya kartu tanda anggota (KTA), tidak mengakui sebagai anggota partai politik dan lain sebagainya.

Hasil dari verifikasi tersebut akan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Jawa Timur. Karena yang menentukan sampel keanggotaan parpol untuk diverifikasi memang dari KPU RI, termasuk menentukan apakah parpol tersebut bisa dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu atau tidak.

Deki menambahkan, pada Minggu (11/12/2022) akan dilakukan rekapitulasi hasil verfak di tingkat KPU Sumenep. Kemudian akan dilakukan rekapitulasi secara nasional pada 12  hingga 14 Desember 2022.

“Pada 14 Desember KPU RI menetapkan parpol yang sudah MS yang dapat mengikuti kontestasi pada Pemilu 2024 mendatang sarta nantinya diumumkan, jadi tunggu tanggal 14 Desember hasilnya,” tutup Deki.

Reporter: Imam Mahdi

Baca Juga :  Akademisi UIM Minta KPU Pamekasan Hati-Hati dalam Menghapus Daftar Pemilih Meninggal

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *