Klaim Ditunjuk KPU Bangkalan, Peserta Rekrutmen PPK Nekat Bentuk PPS Sendiri

Pemilu23 Dilihat

KAARMADURA.ID | BANGKALAN -Mengaku atas dasar rekomendasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan, peserta rekrutmen Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) Kecamatan Sepulu berinisial AR nekat membentuk kepengurusan panitia pemungutan suara (PPS) di 15 desa di kecamatan tersebut. 

Bahkan, pembentukan itu dilakukan sejak bulan Oktober hingga November, jauh sebelum adanya pengumuman rekrutmen PPS.

Salah seorang pemuda di Kecamatan Sepulu yang enggan disebutkan namanyamengaku sempat berkirim surat pada KPU Bangkalan untuk melakukan audensi. Dia ingin mengklarifikasi adanya rekomendasi yang berujung pembentukan PPS di 15 desa sebelum pengumuman rekruitmen dilakukan.

“Kami atas nama aliansi pemuda, santri dan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sepulu memandang banyak hal janggal yang terjadi dan manipulatif,” ungkapnya, Kamis (15/12/2022).

Kejanggalan itu bermula usai salah satu calon PPK berinisial AR membentuk PPS di 15 desa. Selain itu adanya rekaman percakapan AR yang menyatakan bahwa dia ditunjuk oleh KPU untuk mendaftar menjadi PPK Sepulu. Kemudian adanya permintaan komitmen pemenangan oknum anggota DPR, DPD dan DPRD Jawa Timur pada PPS yang ditunjuk oleh AR itu.

Baca Juga :  336 Pendaftar PPK di Pamekan Dinyatakan Tidak Lengkap Administrasi

“Untuk itu, kami berencana melakukan audensi pada Selasa 14 Desember kemarin. Namun niat itu batal karena dihalangi oleh tokoh masyarakat,” ujarnya.

Mendengar informasi tersebut, Ketua KPU Bangkalan Zainal Arifin mengaku terkejut dam heran. Terlebih, dia beberapa kali mendapat telepon yang menanyai persoalan di Kecamatan Sepulu itu.

“Saya juga terkejut, dari tadi banyak yang tanya itu. Kami heran padahal belum ada pengumuman rekrutmen PPS, tapi informasinya sudah ada yang membentuk kepengurusan,” ucapnya.

Komisioner KPU Bangkalan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Masyarakat (SDM) Sairil Munir juga menegaskan bahwa belum ada pengumuman rekrutmen PPS. 

“Belum ada pengumuman rekrutmen, nanti akan kami cek,” singkatnya.

Reporter: Fathurrohman

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *