Melantik PPK, Ketua KPU Sampang: Inilah 70 Pejuang Demokrasi

Pemilu10 Dilihat

KABARMADURA.ID | SAMPANGKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sampang menggelar pelantikan sekaligus anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024. Sebanyak 70 orang anggota PPK yang akan bertugas di 14 kecamatan diambil sumpahnya di Hotel Camplong, Rabu (4/1/2023).

Pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Sampang Addy Imansyah. Kalimat sumpah dan pernyataan komitmen anggota PPK itu disaksikan oleh Bupati Sampang, Slamet Junaidi dan Wakil Bupati Sampang, Abdullah Hidayat. Para pimpinan partai politik (parpol) juga diundang.

Addy Imansyah menyampaikan, rekrutmen anggota PPK dilakukan dengan proses yang cukup panjang sejak bulan November 2022. Partisipasi masyarakat pada momentum rekrutmen PPK tahun ini cukup tinggi. Bahkan, jumlah pendaftar melebihi pendaftar PPK pada tahun 2017 lalu.

“Pada tahun 2017 lalu rekrutmen PPK untuk pilkada tahun 2018 dan pemilu tahun 2019 hanya 414 orang. Sekarang ini hampir 600 pendaftar,” ucapnya, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga :  Hasil Pemutakhiran September 2022, Daftar Pemilih Sumenep 816.031 Orang

Kata Addy, tingginya partisipasi masyarakat itu dilatarbelakangi oleh dua faktor: pertama, karena diberlakukannya sistem pendaftaran berbasis online menggunakan aplikasi Siakba; kedua, karena tingginya keinginan masyarakat untuk terlibat dalam penyelanggaraan pemilu.

Oleh sebab itu, lanjut Addy, pihaknya berpesan kepada seluruh anggota PPK yang sudah dilantik agar menjalankan tugas sesuai peraturan perundang-undangan. Sebagai kepanjangan tangan KPU, 70 anggota PPK itu diharapkan menjadi penegak demokrasi untuk kepentingan bangsa.

“Inilah 70 pejuang demokrasi sebagai kepanjangan tangan dari KPU. Tetapi menciptakan pemilu demokratis dan berintegritas adalah tanggung kita bersama, termasuk seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Selain pelantikan, di Hotel Camplong itu juga dilanjutkan dengan kegiatan orientasi tugas PPK. Seluruh anggota PPK akan dibekali dengan pengetahuan teknis tentang pelaksanaan seluruh rangkaian tahapan pemilu 2024. Kegiatan baru akan berakhir pada hari Kamis, 5 Januari 2023.

Bupati Sampang Slamet Junaidi mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelantikan PPK. Dia berharap, seluruh anggota PPK yang telah dilantik dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin. Sehingga, tercipta pemilu yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil (luberjurdil).

Baca Juga :  KPU Sampang Lantik 556 PPS: Harus Netral dan Bekerja Penuh Waktu

“Sehingga tidak terjadi lagi hal-hal negatif, seperti kecurangan yang kerap terjadi di pemilihan sebelumnya,” tandas politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, Rabu (4/1/2023).

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *